WARTA

Kaltm 5 Meledak, PKT Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa dan Gas Beracun Pasca Ledekan

BONTANG – Pabrik Kaltim 5 Pupuk Kaltim mengalami ledakan, Sabtu (23/07/2022). Pascaledakan tersebut, telah beredar video di media sosial yang memperlihatkan kumpalan asap yang keluar dari atas pabrik.

Tak ayal, SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono menjelaskan kronologinya. Pada Sabtu dini hari, Pabrik 5 PKT shut-down karena ada malfungsi dari salah satu
instrumen. Pada saat melakukan proses restart, terjadi over-firing.

“Kondisi tersebut ternotifikasi langsung secara cepat oleh tim di central control room sehingga dapat ditanggulangi dengan sigap,” jelas Tegus melalui rilis resmi PKT kepada media.

Dirinya menyebut, pagi hari, ketika proses restart dilakukan, terjadi over-firing. Tidak ada korban dalam kejadian ini. lanjut Teguh menyampaikan, mengenai penyebab over firing, masih dalam investigasi tim teknis PKT. Tim teknis akan mengevaluasi ulang dan jika ditemukan kerusakan akan segera diperbaiki, dan pabrik direaktivasi kembali.

Ia juga menyampaikan PKT selalu mengedepankan dan menerapkan prosedur tetap K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dengan baik, sesuai dengan standard tertinggi di industri dan ketetapan pemerintah.

Para karyawan, terutama mereka yang bekerja di pabrik memiliki otoritas penuh dan wajib untuk stop bekerja, bilamana mendapati potensi tidak aman. Tentunya dengan adanya kebijakan K3 yang preventif dan mitigatif, kejadian ini dapat ditanggulangi dengan baik.Terlebih proses produksi PKT menggunakan bahan baku yang aman, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Tidak perlu dikuatirkan adanya gas racun yang terlepas ke udara seperti isu yang beredar,”terangnya.(rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button