WARTA

Gubernur Kaltim Terima Inpres Kampung Keluarga Berkualitas

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor hadir langsung pada sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3/2022 tentang Optimalisasi Kampung Keluarga Berkualitas yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy di Ruang Heritage, Lantai Dasar Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Jakarta Selasa 12 Juli 2022. Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy sekaligus menjadi keynote speech sosialisasi tersebut.  

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor juga menerima Inpres yang diserahkan oleh Menko Muhadjir Effendy.

“Kita harapkan Inpres ini memperkuat kebijakan pemerintah untuk membangun SDM berkualitas, melalui kampung keluarga berkualitas,” sebut Isran Noor di Jakarta.

Menurut Isran, Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa di mana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

“Tentunya ini sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga,” jelasnya.

Maka dari itu, perlu didorong penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap desa/kelurahan. 

Berdasarkan pemetaan dilakukan pra kondisi masyarakat, tenaga penggerak serta Kampung KB untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan delapan pendekatan program yang bertujuan untuk mencapai keluarga berkualitas.

Selanjutnya, pengukuran keberhasilan penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas dilakukan dengan mengamati pelaksanaan program yang direncanakan. Pengamatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan website Kampung KB sedangkan untuk dampak dapat diukur dengan menggunakan Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga). 

“Alhamdulillah di Kaltim sudah mencapai 299 kampung keluarga berkualitas. Kita harapkan ini bisa bertambah. Karena desa maupun kelurahan se-Kaltim kurang lebih 800an,” jelasnya.

Di Indonesia ada 16.874 Kampung Keluarga Berkualitas yang telah dicanangkan.

Tampak hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik. (jay/sul/adpimprov kaltim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button