WARTA

Lestarikan Budaya, Yassier Arafat Dukung Race Laut di Berbas Pantai

BONTANG – Momentum libur lebaran dimanfaatkan oleh pemuda Berbas Pantai dengan menggelar lomba balap ketingting (Rase laut). Perlombaan yang didukung penuh Anggota DPRD Bontang  Yassier Arafat itu digelar di daerah pesisir Kelurahan Berbas Pantai, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang.

Pelaksanaan balapan ketingting itu selama tiga hari. Yakni  Jumat (5/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022). Selain memperebutkan piala, para peserta lomba yang berprestasi juga mendapatkan uang pembinaan total jutaan rupiah.

Menurut Abdul Wahid, ketua panitia lomba, tradisi turun-temurun selama puluhan tahun ini menjadi ajang bagi nelayan setempat untuk berkumpul dan bersilaturahmi.

Abdul mengatakan, tradisi ini sudah berlangsung kurang lebih 20 tahun. Dahulu, nelayan di Kelurahan Berbas Pantai biasa mengisi libur lebaran atau tahun baru dengan adu tangkas balap ketingting.

Namun, kala itu belum terkoordinasi secara profesional. Seiring waktu berjalan, balap ketingting itu tetap lestari dan berkembang menjadi event tahunan yang digagas oleh sejumlah pemuda yang ada di Kelurahan Berbas Pantai.

“Kegiatan ini sebenarnya ajang silaturahmi untuk para nelayan. Ini kami jadikan tradisi tahunan. Sudah berlangsung sekira 20 tahun. Dan lomba ini dukung Yassier Arafat,” jelas Abdul Wahid.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba balap ketingting selalu mendapat antusias dari masyarakat. Dari data panitia, jumlah peserta secara keseluruhan mencapai 44 orang. Dibagi dalam tiga kategori. Mereka bertanding di trek laut sepanjang 1 kilometer.

“Kami bagi tiga kategori. Dua umum dan satu lokal. Babak penyisihan, peserta bertanding selama 4 putaran, dengan jarak tempuh 1 kilometer. Di babak final 5 putaran,” kata Abdul Wahid.

Sementara itu Yassier Arafat menuturkan kegiatan race laut patut mendapat apresiasi atas semangat para pemuda dan nelayan di Berbas Pantai. Menurutnya race laut tersebut sudah menjadi ciri khas dalam perlombaan bidang kapal di Berbas Pantai.

“Luar biasa antusias peserta dan penonton yang hadir. Dan ini akan menjadi agenda rutin,” terangnya.

Dalam perlombaan ini, antusiasme warga terlihat tinggi. Nampak ratusan warga yang memadati jembatan untuk bersorak-sorak dan memberikan semangat kepada peserta.(rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button