WARTA

Lapas Bontang Bersama Dinkes Gelar VCT Mobile Pada WBP

BONTANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bontang kembali menggelar layanan kesehatan Voluntary Conseling Test (VCT) Mobile bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (31/3/2022).

Kegiata itu, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang. Dengan VCT Mobile HIV/AIDS diikuti oleh 1.407 orang WBP dan 99 Petugas Lapas Bontang.Program itu berlangsung selama 4 hari. Mulai 28 Maret 2022 hingga Kamis 31 Maret 2022.

Para WBP antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan.

Tim Dinkes yang dipimpin Muhammad Ramsi mengungkapkan kegiatan ini sangat membantu dalam hal pengawasan terhadap penyakit yang ada di lapas, terutama penyakit menular.

Sementara Kalapas Bontang, Ronny Widiyatmoko, mengatakan kegiatan ini dilakukan agar selalu dapat memonitor kesehatan WBP sebagai upaya pencegahan berkembangnya penyakit menular yang bukan tidak mungkin dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Hal yang sama disampaikan Kepala Sub Seksi Bimaswat Lapas Bontang,Sarifudin, Ia mengatakan tim kesehatan Lapas Bontang akan selalu berkoordinasi dengan pihak luar agar WBP mendapat layanan kesehatan.

“Apabila ada WBP yang positif, maka akan diambil tindakan penanganan selanjutnya sehingga mereka dapat memahami tujuan dilaksanakannya VCT,” terangnya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar tersosialisasikan informasi HIV/AIDS yang benar. Mari kita cegah penularannya dan bukan orangnya, STOP stigma terhadap ODHA,” tambahnya.(rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button