WARTA

Tingkatkan Pelayanan, Lapas Bontang Tambah Dua Unit Alat Komunikasi Besukan Online

BONTANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bontang terus meningkatkan pelayanan. Bahkan rumah tahanan yang berada di Bontang Lestari itu,  kembali menambah dua alat komunikasi untuk fasilitas warung telepon khusus (wartelsus) dan besukan online yang saat ini sudah berjalan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) termasuk Blok Hunian Perempuan, pada Selasa 15/03/2022.

Tambahan alat itu, merupakan komitmen lapas dalam memberikan pelayanan masksimal. Bahkan bersih dari barang terlarang seperti ponsel dan narkoba selama di rumah tahanan.

Pelayanan  tersebut dilakukan setiap hari kerja dimulai pukul 09.00 Wita hingga 12.00 Wita. Kemudian pukul 15.00 Wita hingga 17.00 Wita.

Hadirnya layanan itu, mempermudah WBP dalam meluapkan rasa kangen kepada kelurganya. Tak heran, layanan itu tak pernah sepi didatangin untuk berkomunikasi langsung dengan pihak keluarga maupun kerabat.

Para WBP melakukan memanfaatkan layanan yang berikan Lapas Bontang dalam besukan online.(Ist)

Kasubsi Registrasi Lapas Bontang Aris Wibowo mengatakan, penambahan 2 unit alat komunikasi bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan komunikasi berupa besukan online dan Wartelsus bagi WBP. “Penambahan ini meningkatkan pelayanan,”bebernya.

Sementara itu, Ronny Widiyatmoko selaku Kepala Lapas Kelas IIA Bontang menuturkan penambahan untuk disiapkan sebagai upaya memudahkan WBP yang ingin berkomunikasi dengan pihak keluarga.

“Sudah tidakada lagi alasan bawa handphone untuk komunikasi dengan keluarga,” jelasnya.

Dirinya pun mengingatkan penggunaan ponsel didalam lapas akan berdampak masuknya narkoba karena pengunaan ponsel di area hunian merupakan pintu masuknya narkoba ke dalam lapas.

“Kami akan menindak tegas siapapun yang memasukkan handphone ke dalam lapas, termasuk bagi petugas dan itu sudah tertuang di Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas dan Rutan,” tegasnnya

salah satu WBP berinisial DV menyambut baik penambahan layanan itu. Menurutnya, sangat membantu untuk berkomunikasi langsung dengan keluarga. Bahkan meluapkan rasa kangen.  

“Kami senang dan sangat berguna sebagai komunikasi kami dengan keluarga,” sebutnya.(rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button