WARTA

Matangkan Persiapan, Lapas Bontang Rutin Gelar Pemeriksaan Jelang Nataru

BONTANG – Antisipasipasi ganguan kemanan terus digalakkan Lapas Kelas IIA Bontang. Bahkan upaya pencegahan itu dilakukan sejak H – 10 jelang Natal dan Tahun baru (Nataru) yang dipimpin Ka.KPLP Saiful Buchori  dan Kepala Lapas Bontang Ronny Widiyatmoko. Mereka dengan sigap dan tanggap dalam mengantisipasi gangguan Kemanan dan Ketertiban di lingkungannnya.

Tak ayal, kegiatan rajia rutin setiap pekan secara acak, serta berkordinasi dengan instasi penegak hukum terkait perayaan tahunan itu. Upaya siaga nataru pada Kamis (23/12/2021) kamarin.  Beberpa hal disampaikan Ronny Widiyatmoko dari antisipasi, sampai penanganan jika terjadinya gangguan keamanan, tak lupa apresiasi penuh kepada jajaran untuk selalu ikhlas dalam menjalankan tugas serta tak henti-hentinya untuk menjaga kesetabilan kemanan di lingkungan Lapas Bontang.

Bukan itu saja, langkah antisipasi juga dilakukan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham KALTIM diwakili  Kabid  Keamanan, Didik Heru Sukoco, melakukan inspeksi mendadak (sidak), ke Lapas Bontang, didampingi jajaran Divisi pemasyarakatan Kanwil Kaltim.

Inspeksi di seluruh blok hunian dari Blok Nusantara I,II,II, Nusa Baru, Nusa Hijau, dan Nusan Indah yang di huni WBP Wanita. Seluruh proses sidak berjalan lancar dan tertib dengan mematuhi protocol kesehatan yang berlaku.

Pemeriksaan itu, sesuai dengan etika namun tidak melupakan tujuan untuk memberantas Halinar dan menciptakan suasana yang kondusif serta Lapas Bersinar (BersihdariNarkoba).

Nah, menjelang H-1 jajaran pengamanan Ka. KPLP dan Kasi Adm. Kamtib, melakukan pemeriksaan keseluruh fasilitas, sarana dan Prasarana pengamana sarana dan prasarana sangat penting dalam penunjang pengamanan.

 Pemeriksaan itu, apabila kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Dan langkah itu menjadi persiapan dini dalam menghadapi jika gangguan Kamtib.

Tak heran, Ka. KPLP bersama dengan Kasi Adm. Kamtib. Fasilitas prasarana di periksa mulai dari, area sarana dan prasana WASRIK, P2U, RUPAM, POS atas, POS dalam, sarana pemeriksaan, pengamanan diri, emergency, CCTV,senjata, APAR, genset dan jaringan listrik, semua di periksa satu per satu agar dapat berfungsi seperti semestinya.

“Semoga segala upaya yang kita lakukan ini, dapat berjalan aman tertib dan terkendali, kita berusaha semaksimal mungkin, demi mejaga, mencegah dan mengantisipasi gangguan kemanaan dan Ketertiban di lapas Bontang” terang Kalapas Bontang Ronny Widiyatmoko.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button