WARTA

Kaltim Raih Penghargaan Meritokrasi

SURABAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menerima Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 dengan kategori Baik.  Dari 10 kabupaten dan kota, Balikpapan menerima penghargaan yang sama.

Khusus Pemerintah Provinsi Kaltim, piagam diterima Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Muhammad Kurniawan mewakili Gubernur Kalimantan Timur.

“Semoga penghargaan Meritokrasi ini memotivasi kita semua jajaran ASN di Kaltim dalam transformasi tata kelola pemerintahan,” ungkap Kurniawan, usai menerima pengharaan di Grand Ballroom Hotel Westin Surabaya beberpa waktu lalu.

Menurut Kurniawan, penghargaan yang diberikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ini merupakan apresiasi atas komitmen dan kerja keras jajaran abdi negara, juga abdi masyarakat.

Usai penyerahan penghargaan, secara online Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan pesan bahwa Anugerah Meritokrasi ini dapat mengakselerasi tercapainya reformasi ASN yang merupakan prasyarat untuk mencapai reformasi birokrasi.

Lebih lanjut Wapres mengajak seluruh insan ASN untuk mengembangkan dan memperkuat manajemen talenta dalam manajemen ASN guna mendorong peningkatan pelayanan publik.

Sementara Ketua KASN Agus Pramusinto menyampaikan Anugerah Meritokrasi merupakan penghargaan oleh KASN kepada instansi pemerintah berdasarkan penilaian atas capaian implementasi 8 aspek sistem merit.

“Meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan serta sistem informasi,” jelasnya.

Untuk tahun 2021, Agus menyebutkan sebanyak 123 instansi pemerintah mendapatkan penghargaan, terdiri 48 Kementerian/Lembaga, 15 provinsi dan 60 kabupaten/kota, dibagi dalam 31 Kategori Sangat Baik dan 92 Kategori Baik.

“Melalui penghargaan meritokrasi ini, maka lebih banyak instansi pemerintah untuk berkomitmen menerapkan sistem merit,” harap Agus, seraya membacakan keputusan KASN tentang Indeks Merit masing-masing instansi pemerintah. 

Sebelumnya, kegiatan diawali opening remarks oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang menyampaikan sambutan, sekaligus mengajak hadirin secara langsung maupun daring untuk mendoakan korban bencana Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. 

Hadir para pejabat dari Kementerian/Lembaga, Gubernur Jateng, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Aceh dan Gubernur Bangka Belitung, Bupati dan Wali Kota, para Sekda Provinsi/Kabupaten/Kota.(yans/sdn/sul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button