KECAMATAN BONTANG UTARAMEREKA

Permudah Layanan, Bontang Utara Luncurkan Aplikasi SISTA

BONTANG – Kecamatan Bontang Utara meluncurkan Aplikasi SISTA (Sistem Satu Data) dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada  205 Ketua RT se di Bontang Utara,pada Rabu (10/11/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Grand Mutiara. Terciptanya SISTA dilatar belakangi oleh belum adanya data kemasyarakatan yang komprehensif, aktual dan valid di Kecamatan Utara. Bukan itu saja, serta belum adanya pengelolaan data yang baik karena selama ini semua masih dilakukan secara konvensional.

“Untuk itu, Kecamatan Bontang Utara membuat sebuah terobosan dalam pengelolaan tata pemerintahan khususnya pengelolaan data kemasyarakatan berbasis Geospasial,” ungkap Camata Bontang Utara Sutrisno.

Dirinya mengaku hadirnya aplikasi tersebut mampu memotret potensi-potensi yang ada di lingkungan Kecamatan Bontang Utara.  Misalnya, potensi penerimaan PBB yang mana kedepan diharapkan tidak ada lagi tanah yang belum terdaftar sebagai wajib pajak di Bontang sebagai bentuk intensifikasi pajak dalam upaya implementasi Good Governance di lingkup Kecamatan.

“Tujuannya untuk memudahkan para Ketua RT dalam membuat sebuah potret kondisi lingkungan setempat yang dituangkan dalam data serta memudahkan unsur pemerintah dalam hal ini OPD Teknis untuk memperoleh data tanpa melalui surat dan waktu yang cukup panjang sehingga efektifitas dan efisiensi dapat tercapai,”bebernya.

Selain itu,kata dia,  dengan disusunya sistem itu diharapkan dapat tercapai sinegritas yang harmonis dalam proses pengumpulan, pengolahan dan penyajian data yang baik

“Sehingga dapat memberikan kontribusi dalam proses pembangunan Kota Bontang yang hebat dan beradab,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri Walikota Kota Bontang Basri Rase, Ketua TP. PKK Hapidah Basri Rase, Sekda Bontang Aji Erlynawati, Kepala Bapelitbang Amiruddin, Kepala Diskominfo Dasuki, Camat Bontang Utara Sutrisno beserta seluruh Lurah di wilayah tersebut.(Adv/Kominfo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button