WARTA

Isran Noor Panen Raya Jagung di Kukar

TENGGARONG – Rabu (29/9/2021) di Desa Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melakukan panen raya jagung. 

Panen raya jagung nusantara di lahan Kelompok Tani Saka Makmur ini dalam rangkaian Hari Tani Nasional 2021, dilanjutkan pemberian bantuan alat tanam jagung bagi Poktan Saka Makmur. 

“Kita patut bersyukur, di kondisi sulit dan serba terbatas tapi masih bisa panen jagung,” kata Isran Noor

Khusus kegiatan panen raya ini, lanjutnya, ada sekitar 30 hektar dilakukan serentak. Selain, Kutai Kartanegara, juga Berau, Samarinda, Paser, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara. 

Menurut Gubernur, lahan dan kawasan pertanian pangan komodoti jagung di Kaltim cukup luas dan produktif yang tersebar merata di kabupaten dan kota. 

“Produksi jagung kita ini besar. Setiap hari panennya tidak kurang 1.000 ton,” sebutnya, di hadapan Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura (DPTPH) Siti Farisyah Yana, pimpinan OPD Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar, jajaran Forkopimda Kukar, anggota Poktan Saka Makmur serta Penyuluh Pertanian Lapang. 

Bagi orang nomor satu Benua Etam ini, komoditi pertanian Kaltim cukup beragam, selain jagung, juga padi, serealia, tanaman hutan (porang), bahkan sawit. 

“Alhamdulillah, kita ikut perkembangan, walaupun Kaltim ini dari segi komoditi utama memang di sektor pertambangan, tapi sektor pertanian kita tetap eksis dan unggul,” terangnya.

Kawasan Poktan Saka Makmur memiliki luas hamparan 80 ha dan luas dipanen 4,5 ha terdiri varietas Bisi 226 dengan produktivitas 4,8 ton. (yans/sdn/sul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button