KECAMATAN BONTANG UTARAMEREKA

Loktuan Masuk Percontohan Kelurahan Bersih Narkoba di Bontang

BONTANG – Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara ditunjuk sebagai sebagai percontohan  wilayah bersih narkoba. Penunjukan itu bersama dua kelurahan lainnya, yakni Tanjung Laut dan Tanjung Laut Indah dari Badan Narkotika Nasional Kota Bontang,pada (14/9/2021).

Bertempat di pendopo Rumah Jabatan Wali Kota, program kelurahan Bersih dari Narkoba atau Bersinar ini menjadi upaya BNN Bontang untuk mencegah peredaran narkoba di wilayah rawan. 

Alasan BNNK menunjuk 3 wilayah ini karena kasus peredaran narkoba tinggi terjadi di sini. Dari catatan kasus sepanjang 2019-2020, ada 66 kasus yang terungkap didominasi terjadi di wilayah ini. 

Kepala BNNK Widdy Harsono mengatakan, program wilayah bersinar ini punya peran ganda. Di samping menekan peredaran barang haram, juga menyiapkan solusi masalah ekonomi.

Teknis di lapangan, akan ada tim kelompok kerja yang ditugasi mengawasi narkotika di wilayah mereka. Selain itu, pemerintah akan didorong memberdayakan ekonomi di lapisan masyarakat, berupa pemberdayaan UMKM dan sejenisnya. 

“Alasan kenapa ada program ekonomi, karena hampir rata-rata kasus yang terjadi dilatarbelakangi faktor ekonomi. Makanya kita ingin bentuk solusinya,” beber Widdy.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi, program besutan BNN Bontang ini.  Dirinya pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama sama mencegah barang haram tersebut.

“Antisipasi peredaran narkoba dengan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui program-program kreatif,”paparnya.

Sementara itu, Lurah Loktuan Takwin menambahkan mengajak seluruh masyarakat untuk aktif terlibat dalam pemberantasan narkoba. Mengingat barang haram itu dapat merusak generasi penerus bangsa.(Adv/Kominfo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button