WARTA

Kamtib Kondusif, Tim KPLP Lapas Bontang Door to dor Berikan Pengarahan di Ruang Tahanan

BONTANG – Menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtib) merupakan hal wajib di lakukan Warga Binaan Pemsyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Bontang. Bahkan mereka harus mematuhi seluruh peraturan yang ditetapkan di lingkungan tersebut. Tak heran setiap petugas selalu melakukan sosialisasi guna mengingatkan pentingnya merapkan aturan dan itu sesuai intruksi Kalapas Kelas IIA Bontang, Ronny Widiyatmoko.

Untuk itu, tim jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) beserta Regu Pengamanan, mulai Selasa (24/08/2021) hingga Sabtu (28/08/2021), menggelar blusukan briefing Blok ke Blok Narkoba dengan agenda memberikan arahan secara langsung tatap muka kepada WBP.

Guna menciptakan lingkungan Lapas yang kondusif dan hak-hak dan kewajiban warga binaan termasuk dalam penggunaan layanan Warung Telepon Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas) selama menjalani masa hukuman.

Salah satu Staf KPLP, Ferdy Irawan memberikan arahan di Blok Narkoba Nusa Baru, mengimbau kepada WBP untuk menjaga sikap selama di lingkungan Lapas, dan menjaga kebersihan area blok, kamar, serta area sekitar blok dengan cara membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan

“Supaya menciptakan lingkungan yang bersih dan terhindar dari penyakit,” paparnya.

Senada Staf KPLP, Erick Nofriyan Dwi Untoro di Blok Nusantara I, menuturkan kepada seluruh warga binaan untuk tidak menggunakan dan mengedarkan Narkoba di dalam Lapas. Apalagi kasus terbanyak penghuni sebagian besar dari tahanan (belum Vonis) ataupun Narapidana Lapas Kelas IIA Bontang kurang lebih 70 persen merupakan warga binaan kasus Narkotika.

 “Jika ada temuan maka kami akan memberikan sanksi yang tegas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” terangnya kepada WBP.

Terpisah, Pelaksana Harian (Plh) Ka. KPLP, Riza Mardani menjelaskan setelah mendapat instruksi dari Kalapas , tim jajaran KPLP dan Regu Pengamanan Jaga segera mensosialisasikan kembali untuk diteruskan kepada seluruh warga binaan setiap blok dengan bertatap muka dor-to dor per Blok dalam memberikan imbauan kemanan dan ketertiban di dalam lapas.

Kata dia,  di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mewabah mengakibatkan kunjungan secara tatap muka ditiadakan. Untuk itu,  Lapas Kelas IIA Bontang selalu berusaha memerhatikan dan meningkatkan pelayanan Wartelsuspas warga binaan dengan selalu melakukan maintenance secara rutin pada peranti yang digunakan.

Harapannya,  para warga binaan dapat tetap berkomunikasi dengan keluarga maupun dengan kerabat untuk mengobati kerinduan WBP.  Namun tetap masih dalam pengawasan oleh petugas yang berjaga agar tidak terjadi penyalahgunaan.

 “Kita komitmen lakukan terus pembenahan dan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotik (P4GN),” terangnya di ruang kerjannya.

Selain itu, mengacu dari tiga kunci Pemasyarakatan maju yang di tekankan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Irjen. Pol. Drs. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M Si

“Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Berantas Narkoba, dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH), “ tegasnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button