WARTA

Lapas Bontang ikuti Pembentukan dan Penyelenggaran Unit Disabilitas Secara Virtual

BONTANG – Lapas Kelas IIA Bontang terus memberikan layananan dan hak dalam menjalankan tugasnya. Bahkan upaya itu ditingkatkan.

Untuk itu, Kasi Bimbingan Narapidana Dan Anak Didik (Binadik), Riza Mardani beserta Tim Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimswat) pimpinan Sarifudin, mengikuti Zoom Meeting dalam rangka Resosialisasi Pembentukan dan penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas (ULD) di UPT Pemasyarakatan secara virtual di ruang rapat gedung Binadik Lantai 2 Lapas Kelas IIA Bontang pada Kamis (19/08/2021).

Tujuan kegiatan itu untuk membahas Pembentukan ULD dan juga meningkatkan pelayanan dan perawatan bagi tahanan, menjamin hak-hak warga binaan, narapidana, Anak, dan pengunjung Penyandang Disabilitas (PD) serta menjamin penyediaan akomodasi yang layak pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.

Bukan itu saja, hal itu juga mendorong upaya penghormatan, pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak tahanan, narapidana, dan Anak PD untuk mengembangkan diri serta mendayagunakan seluruh kemampuan sesuai bakat dan minat yang dimiliki.

Kepala Lapas Kelas IIA Bontang Ronny Widiyatmoko menyampaikan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini, dalam pemberian pelayanan berbasis HAM terhadap narapidana. Bahkan kata dia, pihaknya selama ini sudah dilakukan perbaikan sarana dan prasarana dan menyediakan fasilitas blok khusus bagi lansia maupun penyandang disabilitas.

Selain itu,  sebagai upaya untuk menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas serta menjalankan tugas dan fungsi pemasyarakatan.

“Kami terus melakukan peningkatan sasaran dan prasarana sebagai bentuk upaya pemenuhan hak narapidana,” terangnya  yang juga ikut dalam Zoom Meeting di ruang kerjanya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button