WARTA

Lewati Pemeriksaan dan Pengawasan Ketat, 14 WBP Rutan Tanjung Redeb Diterima di Lapas Bontang

BONTANG – Sebanyak 14 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Berau, di terima di Lapas Kelas IIA Bontang pada Rabu (30/6/2021) sekira pukul 17.30 Wita.

Mereka diterima dengan pengawalan ketat dari petugas. Bahkan sebelum memasuki rumah tahanan diperiksa Rapid Test Antigen.

Selain itu saat tiba, mereka diwajibkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Diantaranya mencuci tangan dan menggunakan masker, masuk ke dalam bilik steril, serta pengukuran suhu badan.

Kepala Lapas Kelas IIA Bontang Ronny Widiyatmoko mengatakan, saat diterima 14 WBP itu melalui beberapa tahapan sebelum masuk ke kamar hunian dengan standar sesuai prosedur (SOP) Lapas yang dia pimpin.

Diantaranya penyemprotan disinfektan kepada seluruh WBP tersebut termasuk pakaian dan barang bawaan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan semua barang bawaan, serta pendataan oleh pihak registrasi dan pencukuran rambut untuk keseragamaan dan kebersihan.

“Termasuk dilakukannya test urin oleh Petugas Medis Poliklinik Lapas Kelas IIA Bontang, dengan hasil test negatif penggunaan Narkoba,” ungkapnya.

Setelah menjalani serangkaian proses, kata dia, 14 WBP tersebut langsung di tempatkan kamar hunian dan dilakukan masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling) atau kamar karantina selama waktu tertentu

“Mereka nantinya akan menjalani proses kegiatan pengenalan lingkungan sebelum berbaur dengan (WBP) Lapas lainnya,” bebernya.

Dalam penerimaan tahanan itu, adapun masing masing kasusnya diantaranya, 11 orang kasus narkotika, 2 orang kasus pencurian dan 1 orang kasus pembunuhan. Dimana diantaranya 3 orang  wanita dan 11 orang pria, serta tiga orang vonis seumur hidup yang merupakan WBP kasus Narkotika.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button