WARTA

Komitmen Penindakan WBP, Lapas Bontang Rutin Rajia Seluruh Blok Hunian

BONTANG – Lapas Kelas IIA Bontang berkomitmen dalam penindakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang malakukan tindakan melawan hukum di lingkungannnya. Tek heran, mereka rutin menggelar razia di setiap blok hunian tersebut. Tujuannya, memastikan dalam hunian, bersih dari barang ataupun tindakan yang melawan hukum.

Teranyar, bersama Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kanwil Kemenkumham Kaltim) melakukan operasi kepatuhan dan razia, pada Selasa (29/6/2021). Seluruh hunian blok di periksa. Mulai dari tahanan narkoba, kriminal, blok wanita dan hunian tipikor.

Sebelum pemeriksaan, dilakukan apel pengarahan Tim Satops Patnal Divpas Kaltim yang dipimpin Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, R. Nurwulan Hadi Prakoso,.

Dalam arahannya, R. Nurwulan Hadi Prakoso menyampaikan, razia ini merupakan  instruksi dari Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim dan Kepala Divpas. Dirinya juga, mengecek kesiapan petugas, mulai kesesuaian seragam, kelengkapan atribut dan kedisiplinan pegawai Lapas Kelas IIA Bontang seblum kegiatan dilakukan.

Kata dia, pelaksanaan razia ini sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk menanggapi isu-isu negatif mengenai Rutan dan lapas yang tengah berkembang saat ini. Untuk itu, dirinya terbuka kepada masyarakat terkait kondisi di dalam lapas tersebut. Yakni steril dan penuh pengawasan yang ketat.

“Kami rutin menggelar razia. Untuk mendeteksi hal yang dilarang dalam wilayah Lapas ataupun Rutan,” paparnya.

Petugas melakukan pemerikasaan di setiap ruangan dan hunian di Lapas KelasIIA Bontang

Sementara Kepala Lapas Kelas IIA Bontang Rony Widiyatmoko menyampaikan, razia ini merupakan pembinaan, monitoring, pengawasan, dan pengendalian (Bintorwasdal) Divpas Kanwil Kaltim sebagai pembina dan pengawas Lapas Bontang. Selain itu kata dia, sebagai wujud kebersamaan, sinergitas, dan kepedulian. 

“Kegiatan ini akan menjadi pemacu semangat kami untuk terus memperkuat deteksi dini terhadap gangguan Kamtib dan Hal-hal yang terkait dengan isu yang sedang marak yaitu peredaran serta pengendalian transaksi Narkoba dari dalam Lapas, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah bekerja sama dan bersinergi dengan Lapas Bontang,” tegas Ronny.

Dalam razia ini, petugas berhasil mengamankan ponsel, charger, ponsel, cermin, sendok, dan barang lainnya. Bahkan dari pemeriksan seluruhnya tidak ditemukan Narkotika.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button