RAGA

Menpora Targetkan Indonesia Tembus 5 Besar Olimpiade 2044

JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menghadiri dalam rapat koordinasi (rakor) tingkat menteri dengan agenda Finalisasi Payung Hukum Desain Besar Olahraga Nasional di Kantor Kemenpora, Jumat (21/4). Ia lantas berharap Indonesia bisa menembus peringkat lima besar pada Olimpiade 2044.

Dalam rakor yang dipimpin langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Zainudin memaparkan Grand Design Olahraga Nasional. Menurutnya, penjelasan itu didasari oleh arahan Presiden RI saat sambutan pada peringatan (Hari Olahraga Nasional) ke-37 pada 9 September tahun lalu.

“Pada arahannya, Presiden minta untuk melakukan review total terhadap ekosistem prestasi olahraga nasional. Atas dasar ini, kemudian melahirkan Grand Design Olahraga Nasional yang sudah dipresentasikan pada rapat terbatas tanggal 15 Maret 2021,” kata Zainudin dalam keterangan pers, Jumat (21/5).

Lebih lanjut, Zainudin mengatakan, dalam meraih prestasi dibutuhkan minimal 10 tahun latihan untuk mengantarkan atlet menuju podium internasional.

“Sasaran utama kita adalah olimpiade. Asian Games dan SEA Gemes menjadi sasaran antara saja. Dari diskusi bersama dengan profesor, guru besar, dan stakeholder olahraga, maka kami memutuskan akan memprioritaskan cabang-cabang olahraga yang mengandalkan akurasi dan teknik,” jelas Zainudin.

Dalam Grand Design Olahraga Nasional, pemerintah menargetkan sampai tahun 2045 yakni 100 tahun Indonesia merdeka.

“Cita-cita kita di tahun 2044 pada saat dilaksanakan olimpiade, partispasi olahraga kita sudah mencapai 70 persen, siswa aktif berolahraga sudah mencapai 30 persen, dan peringkat enam besar untuk olimpiade dan paralimpiade bahkan kita menuju ke lima besar,” jelas Zainudin.(Republika)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button