KECAMATAN BONTANG UTARA

Tekan Kasus Covid -19, Bontang Baru Maksimalkan Garda Isoman

BONTANG – Penanganan dan penekanan kasus Covid-19 menjadi tugas semua pihak. Tak ayal, gebrakan demi gebrakan terus dilakukan. Hal itu juga diterapkan Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.

Dengan membentuk Tim Gerakan Pendamping Isolasi Mandiri (Garda Isoman) tingkat Rukun Tetangga (RT). Apalagi itu dibentuk sesuai arahan Walikota Bontang melalui Surat Edaran Nomor: 188.65/180/DINKES/2021.

Sekretaris Lurah (Seklur) Bontang Baru Suija Ixan Saputro mengatakan, garda insoman bertugas untuk memberikan informasi di lingkungan RT. Dimana setiap RT, terdapat 5-6 orang petugas. Sehingga, untuk di wilayahnya terdapat 177 garda isoman di 28 RT.

“Jika ada yang kena virus atau terindikasi covid itu biasanya nanti di data. Kemudaian kita singkronkan dengan data Public Safety Center (PSC) Pemkot Bontang,” terangnya Kamis (20/5/2021).

Dirinya mengakui kendala yang dihadapi,ada selisih data antara data PSC dengan pihaknya. Apalagi banyak yang ber domisi di Kelurahan Bontang Baru,namun  ber Kartu Tanda Penduduk (KTP) wilayah lain.

“Itu aja kendalanya. Tapi tidak masalah. Terpenting kita mengetahui posisi warga itu tinggalnya saja.Misalnya,  dia dirawat dan isolasinya dimana. Bisa saja, dirawat sesuai KTPnya,” beber pria lulusan STPDN itu.

Dirinya pun berharap dengan hadirnya garda ini dapat menekan penyebaran covid-19. Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam beraktifitas sehari-hari.

“Mari kita terapkan Prokes. Mulai dari cuci tangan,jaga jarak hingga memakai masker serta hidari kerumunan,” imbaunya.(dd/adv )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button