KECAMATAN BONTANG UTARAMEREKA

Camat Bontang Utara Ajak Masyarakat Terapkan Prokes, Begini Tata Caranya

BONTANG – Pelaksana Tugas (Plt) Camat Bontang Utara Zainuddin Thahir mengajak untuk seluruh masyarak untuk selalu menerapkan Protokol Kesehanan (Prokes) dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat covid-19 di indonesia belum meredah. Hal ini diungkapkan saat ditemui diruangannya, Rabu (19/5/2021)

Zainuddin Thahir mengatakan penting menerapkan pola hidup sehat dalam berbagai aktifitas. Baik itu di rumah maupun lingkungan pekerjaan.

“Mari kita selalu menerapkan Prokes.Dengan begitu, terhindar dari penyakit mematikan yang sedang mewabah saat ini, “ ajaknya.

Sebagai informasi, berikut tata cara prokes yang wajin diikuti diantarannya.

Mencuci tangan. Gunakan sabun dan bilas dengan air mengalir, atau pakai hand sanitizer yang mengandung alkohol untuk membersihkan tangan. Langkah sederhana ini dapat membunuh virus yang mungkin terdapat di tangan Anda.

Menjaga jarak. Jangan berkerumun dan berdekatan dengan orang lain, setidaknya dalam radius 1 meter. Hal ini penting untuk menghindari percikan droplet akibat bersin, batuk, atau bahkan berbicara.

Sebisa mungkin berada di rumah saja. Bila harus keluar, hindari keramaian, gunakan masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan.

Menggunakan masker. Masker harus selalu terpasang ketika Anda keluar rumah. Pastikan masker menutupi hingga hidung, bukan hanya mulut atau bahkan dagu. Minimal gunakan masker kain bukan masker buff dan scuba. Ganti masker tiap 4 jam.

Tidak menyentuh hidung atau mata. Selepas atau selama bepergian, hindari menyentuh mata atau hidung agar virus yang mungkin berada di tangan tidak berpindah ke dalam tubuh melalui kedua organ tersebut.

Memeriksakan diri ke dokter. Apabila anda mengalami gejala Covid-19, misalnya demam atau batuk dan sesak napas, periksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas. Bila memungkinkan, telepon faskes tersebut terlebih dahulu agar Anda dapat melakukan prosedur kesehatan yang benar demi melindungi orang lain dari paparan virus yang mungkin terbawa. (dd/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button