WARTA

Tim Binadik Lapas Bontang Gelar Penyuluhan dan Sosialisasi Kepada WBP

BONTANG – Masih dalam suasana Idul Fitri 1442 H, menjadi momen untuk silaturahmi. Untuk itu, jajaran Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) yang dikomandoi Riza Mardani sekaligus Kasi Binadik bersama Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimaswat), Sarifudin dan Kasubsi Registrasi, Aris Wibowo menggelar penyuluhan sekaligus silahturahmi kepada seluruh perwakilan hunian kepala kamar setiap blok. Total 63 kamar.

Baik blok Kelompok laki-laki (KL), maupun Kelompok Wanita (KW), serta Blok masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) atau Karantina di Masjid Ar-Royyan Lapas Kelas IIA Bontang Selasa (18/05) pagi tadi.

Kegiatan itu dikemas dengan obrolan santai yang berlangsung kurang lebih dua jam. Dalam momen itu, Riza Mardani, menyampaikan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) bidang Job description atau uraian jabatan atau gambaran tugas masing-masing tim pihaknya di Lapas. Baik dari Subseksi Registrasi maupun Subseksi Bimaswat.

Kata dia, penyampaian itu bertujuan supaya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berada di Lapas Kelas IIA Bontang bisa memahami ketentuan umum serta mendapatkan informasi yang jelas dan tidak salah bertanya kepada petugas yang bukan Tupoksinya.

“Jabatan Registrasi sendiri memiliki banyak tugas termasuk diantaranya mengenai informasi  Remisi, data administrasi seluruh Warga Binaan, mutasi atau pindah bagi WBP ke UPT serta lain hal sebagainya yang sesuai dengan prosedur,” ungkapnya.

Kasi Binadik Riza Mardani memberikan arahan kepada WBP.

Bukan itu saja, Riza juga menyebut rencana pembangunan Perpustakaan Lapas atau Pojok Baca yang akan ditargetkan selesai tahun ini. Nantinya, bisa menjadi wadah warga binaan untuk mendapatkan informasi dari buku bacaan.

Ia menuturkan tempat tersebut juga sekaligus terdapat ruangan konsultasi, yang di khususkan  bagi siapa saja WBP yang ingin bertanya atau mendapatkan layanan informasi mengenai hal remisi, pengurusan bebas maupun masalah psikologis lainya, yang direncanakan juga akan berkejasama dengan ikatan psikolog Kota Bontang.

“Sebagai solusi mempermudah bagi setiap warga binaan yang ingin konsultasi bertemu langsung kepada petugas tim Binadik dengan tidak melewati petugas regu jaga yang ada di portir,” terangnya.

Lebih lanjut Riza mengatakan, nantinya terdapat layanan self service tujuannya agar tercipta transparansi dalam pemberian informasi kepada WBP sehingga mereka tidak perlu merasa canggung untuk menanyakan hak-haknya kepada petugas.

Sistem layanan itu akan membuka akses bagi WBP untuk bisa mengetahui perubahan yang terjadi pada ekspirasi setelah mendapatkan remisi secara transparan dan valid.

“Bahkan data disuguhkan lengkap mulai dari nama, foto WBP, putusan, lama pidana, tanggal putusan dan eksekusi, rincian remisi, hingga tahapan pembinaan,” sebutnya.

Pada sosialisasi penyuluhan, pria yang ramah itu juga menyampaikan informasi terkait hak reintegrasi WBP. Pembebasan Bersyarat dan cuti menjelang bebas untuk kasus narkotika PP 99/2012 bisa diberikan ketika warga binaan memenuhi syarat substantif.

“Dibutuhkan minimal surat pengantar Justice Collaborator serta MoU dari pihak ketiga,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, para WBP antusias mengikuti serta memperhatikan setiap informasi yang diberikan. Bahkan, ada beberapa yang bertanya terkait pesan dan kesan selama menjalani masa pidana di Lapas.

Diakhir acara ada kesempatan sesi tanya jawab. Salah satu WBP dari perwakilan kasus Tipikor H Hamzah bertanya dan mengungkapkan bahwa dirinya bersama rekan lainnya sangat berterima kasih atas kegiatan sosialisasi tersebut.

Menurutnya, sosialisasi ini memberi angin segar kepada para WBP untuk meminimalisir kesimpangsiuran mengenai masalah informasi kepengurusan bebas, remisi, dan banyak hal lainnya termasuk terkait pembinaan yang ada di Lapas.  

“Saya sangat berterima kasih kepada Lapas Bontang yang tiada hentinya memberikan kegiatan positif kepada kami. Bahkan rutin memberikan informasi kepada kami,”terangnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button