WARTA

Cetak SDM Berkualitas, Program PKU Terus Berlajut

SAMARINDA – Program Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Universitas Darussalam (Unida) Gontor, Jawa Timur akan terus berlanjut.

Kepastian keberlanjutan program PKU disampaikan Gubernur Isran Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi dalam Serah Terima Peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan VI Tahun 2020 di Ruang Heart of Borneo, Jembatan Penghubung, Lantai 2, Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (29/4/2021).

Menurut dia, melalui program PKU ini turut membangun sumber daya manusia yang berakhlak mulia sebagai penyampai dakwah dan membina umat.

Khususnya pada daerah-daerah pedesaan, terpencil hingga di pelosok dan pedalaman yang kekurangan siraman rohani, juga belum terjangkau kabar berita tentang agama.

“Program ini dengan baik dilaksanakan dan memberi manfaat besar bagi umat, maka program ini perlu terus dilanjutkan,” katanya.

Selain itu, bagi mahasiswa yang telah berhasil lulus mengkuti Program PKU di Unida, agar siap sedia bekerja dan mengabdikan diri di Kaltim, dan bersedia ditempatkan di mana saja. 

Jika berniat melanjutkan studi, misalnya ke jenjang S2, maka sesuai perjanjian maka setidaknya harus terlebih dulu mengabdi selama 1 tahun.

“Kader Ulama harus siap mengabdi dan senantiasa meningkatkan SDM dan kompetensi masing-masing, sehingga mampu tampil andal dan berkualitas serta diterima dan memberi manfaat maksimal bagi umat dan kehidupan masyarakat Benua Etam,” harapnya. 

Jumlah peserta PKU Angkatan IV program Beasiswa Kaltim Tuntas TA 2020 sebanyak 19 orang mengikuti pendidikan 6 bulan di Unida Gontor terdiri Kutai Kartanegara 2 orang, Balikpapan 1 orang dan Samarinda 16 orang berasal dari Unmul Samarinda 3 mahasiswa, STAI Balikpapan 1 mahasiswa dan IAIN Samarinda 15 mahasiswa.

Peserta PKU diserahkan oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof Dr Hamid Fahmy Zarkasyi melalui Waketum MUI Kaltim KH Muhammad Haiban kepada Pemerintah Provinsi Kaltim disaksikan Direktur PKU Unida Gontor Dr Khairul Umam secara virtual.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button