KECAMATAN BONTANG UTARAMEREKA

Banyak Manfaat, Lurah Loktuan Targetkan 25 Ribu Mangove di Tanam Tahun ini

BONTANG – Mangrove memiliki banyak manfaat dalam menjaga wilayah pesisir. Selain itu, buahnya bisa dijadikan obat.

Bahkan bisa diolah berbagai varian rasa yang layak konsumsi.Misalnya, sirup, pewarna dan sebagainya. Berbekal dari itu, Kelurahan Loktuan menggelar penanaman pohon yang bernama latin rhizhopora.

Lurah Loktuan, M Takwin mengatakan pihaknay melaksanakan program binaan yang didukung Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pupuk Kaltim. Dengan membentuk kelompok untuk pembibitan sekaligus penanaman mangrove. Bahkan dirinya menargetkan tahun ini akan melakukan penanaman 25 ribu bibit mangrove.

“Kami sudah menanam 600 bibit di RT 18. Dengan penambahan itu, jumlah tanaman magrove yang ditanam mencapai 21 ribu pohon,” terangnya belum lama ini.  

Dirinya menyebutkan, hutan mangrove menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut.

Kata dia, Sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator
“Pokoknya banyak manfaatnya. Dari itu, kami akan melakukan Pembibitan dan penanaman bibit mangrove berkelanjutan,” paparnya. (kor/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button