MEREKAWARTA

Lapas Bontang Datangkan dokter, 15 WBP Dapatkan Pemeriksaan Gigi Gratis

BONTANG – Pemeriksaan kesehatan memang penting dilakukan. Selain memberikan kenyamanan bagi diri, juga membantu menjalankan aktivitas dengan baik. Hal ini yang diterapkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bontang.

Rumah tahanan yang berada di jalan Taman Prestasi, Kelurahan Bontang Lestari, Bontang Selatan itu, melakukan pemerikasaan kesehatan gigi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menerapkan protokol kesehatan , Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan itu mendatangkan dokter dari klinik mandiri Bontang yakni drg Maria Lidwina Hendrata didampingi perawat Mike Mawar Patongloan. Pemeriksaan itu disambut 15 WBP di ruang kesehatan poliklinik.

Kepala Lapas Kelas IIA Bontang, Ronny Widiyatmoko mengatakan pemeriksaan dan perawatan gigi bagi WBP ini rencananya akan menjadi agenda rutin. Apalagi respon dari WBP sangat baik.  

“Pihak dokter menjadwalkan kunjungan keduanya pada Sabtu (13/03/2021) mendatang, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,”ungkapnya.

Ronny Widiyatmoko menyebutkan, dalam pemeriksaan ini tidak dikenakan biaya. Bahkan pihaknya bekerja sama dengan klinik mandiri dokter gigi Bontang.

“Pemeriksaan ini gratis. Memakai anggaran dari Lapas Bontang,”sebutnya.

Sementara, drg Lidwina Hendrata menjelaskan pentingnya bagi WBP dalam menjaga kesehatan gigi.  Terutama rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Menurutnya banyak masyarakat menganggap hal sepele mengenai perawatan gigi.

Bahkan gigi mereka sudah mengalami kerusakan atau sakit baru menyadari pentingnya kesehatan dalam merawat gigi.

“Dari 15 WBP, 13 diantaranya dilakukan pencabutan gigi keropos dan berlubang hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan. Sedangkan sisanya hanya konsultasi perawatan gigi berkelanjutan,”ungkapnya.

Dia menuturkan rencananya petermuan selanjutnya akan dilakukan pembersihan kerak gigi, penambalan serta pemasangan gigi palsu.

“Pemeriksaan selanjutnya akan dilakukan perawatan gigi dan sebagainya,”imbuhnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button