WARTA

Vaknisasi Tahap II, Dinkes Kaltim Pakai Sistem Jemput Bola

SAMARINDA – Kepala  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim dr Padilah Mante Runa mengatakan pemberian vaksinasi Covid-19 tahap kedua  akan segera dilaksanakan. Namun dalam pelaksanaannya nanti,  pihaknya  akan memakai sistem jemput bola, dengan menempatkan vaksinator di pasar sehingga bisa  lebih efektif  dan efisien.

“Mereka bisa menitipkan  dagangannnya kepada rekan pedagang lainnya. Bergantian. Sehingga akan sangat efektif,” katanya usai mengikuti rapat satgas penanganan Covid-19 Provinsi  Kaltim di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (17/2/2021).

Sebelum dilakukan Vaksin, Kata Padilah, akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu,  sehingga mereka tidak  kaget saat pelaksanaanya. Bukan itu saja, pihaknya juga meminta bantuan TNI dan Polri untuk membantu termasuk  Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten atau kota, di Kaltim . Mengingat Dinkes Provinsi hanya sebagai fasilitator  dan koordinator. 

“Sasaran yang ingin  divaksin ada  di masing-masing kabupaten atau kota. Jadi diminta setiap Kepala Dinas-nya harus pro aktif,” ungkapnya.    

Padilah menambahkan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua nanti  tidak sama dengan vaksinasi tahap pertama.  Tahap kedua ini, langsung ke fasilitas kesehatan yang dikirim dari pemerintah pusat. 

“Vaksinnya diperkirakan  sudah datang pada minggu depan. Jumlah 58 ribu lebih,”sebutnya. 

Adapun kelompok prioritas menerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini meliputi tenaga pendidik, tokoh agama, DPRD, pejabat pemerintah, dan aparatur sipil negara (ASN).

Selain itu, petugas keamanan TNI dan Polri, petugas pariwisata, pelayanan publik damkar, BPBD, BUMN, BPJS, pekerja transportasi publik, atlet, wartawan, dan lansia usia di atas 60 tahun. (humasprov kaltim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button