MEREKAWARTA

Delapan Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

INSPIRASIKALTIM.com – Manfaat minum air putih hangat sebelum tidur ternyata cukup baik untuk tubuh. Seperti yang kita ketahui, jika sejumlah pakar bahkan menyarankan setiap orang untuk minum air putih hangat di pagi hari. Kebiasaan sederhana ini bermanfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga metabolisme sampai sistem kekebalan.

Namun, tahukah Anda jika kebiasaan minum air putih hangat yang dilakukan sebelum tidur ternyata juga bermanfaat bagi tubuh, lho. Salah satunya, ialah dapat membantu Anda tidur dengan cepat dan nyenyak.

Lantas, apa sajakah manfaat minum air putih hangat sebelum tidur? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari laman Liputan6 dan berbagai sumber (27/1/2021)

Mengganti Cairan Tubuh

Manfaat minum air hangat sebelum tidur bisa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas seharian. Selain itu, air putih hangat yang diminum sebelum tidur juga akan membuat tubuh tetap terhidrasi.

Dengan konsumsi air hangat sebelum tidur, bisa mencegah timbulnya rasa haus dan tenggorokan kering yang bisa membuat Anda terbangun dari tidur di tengah malam.

Lancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum air putih hangat sebelum tidur selanjutnya ialah dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar dapat melindungi tubuh supaya bebas dari berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, jika sirkulasi darah lancar, kondisi kesehatan jantung bisa terjaga, sehingga Anda akan terhindar dari beragam penyakit kardiovaskular.

Hilangkan Racun

Dengan gaya hidup dan aktivitas yang padat, beragam jenis asupan makanan bisa berisiko menyebabkan penumpukan racun. Dengan mengonsumsi air hangat, akan membantu tubuh untuk hasilkan keringat. Sehingga, racun yang bersarang di tubuh dapat keluar melalui keringat tersebut.

Jaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat minum air putih hangat sebelum tidur juga ampuh untuk menjaga sistem pencernaan Anda. Terutama jika Anda mengalami sembelit. Konsumsi air hangat sebelum tidur akan melancarkan pencernaan. Sebab, air hangat akan membantu melarutkan serta memecah partikel makanan.

Selain itu, air putih hangat yang diminum sebelum tidur juga bisa menjadi salah satu solusi meredakan batuk da pilek. Suhu yang hangat dari air sangat efektif meredakan gatal pada tenggorokan, dan juga membantu menekan dahak yang sangat mengganggu.

Jaga Berat Badan Ideal

Minum air putih hangat memang tidak bisa bikin badan langsing. Namun, kebiasaan ini dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Sebab,  minum air putih hangat dapat mencegah perut begah dan kembung. Selain itu, minum air putih hangat juga mencegah kelebihan bobot air dalam tubuh. Air putih hangat juga akan  membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih cepat.

Redakan Nyeri dan Pegal-Pegal

Dengan konsumsi air hangat sebelum tidur, dapat mengatasi nyeri dan pegal-pegal pada tubuh, yang bisa diakibatkan dari aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, maka tubuh akan lebih relaks dan tidur semakin berkualitas.

Maka tidak heran, apabila dengan konsumsi air hangat sebelum tidur bisa membuat tidur jadi lebih cepat dan lebih nyenyak.

Bisa Redakan Kram saat Menstruasi

Air putih hangat juga bisa membantu meredakan kram pada perut saat tengah menstruasi. Sebab, suhu panas yang berasal dari air hangat sangat ampuh untuk menenangkan otot-otot perut yang kram. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi air hangat sebelum tidur.

Selain meredakan kram, air putih hangat yang diminum sebelum tidur juga bisa meredakan stress. Hal ini dikarenakan air hangat dapat membuat tubuh lebih relaks.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kemampuan air hangat dalam mengeluarkan racun dalam tubuh memang sangatlah baik. Tak heran, jika hal tersebut juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit.

Minum segelas air putih hangat sebelum tidur, akan membantu memperbaiki kondisi sel-sel kulit, sehingga elastisitas kulit dapat selalu terjaga.(Liputan6.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button