WARTA

Selama PPKM, Perusda Bontang Hanya Buka Layanan Pengembalian Buku

BONTANG –  Lojakan kasus terkonfirmasi  covid-19 di Bontang kembali meningkat. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan.

Tujuannya, untuk mencegah dan menekan angka terkonfirmasi penyakit mamatikan tersebut. Tak ayal, banyak yang terkena dampak kebijakan tersebut. Seperti, para pembaca buku yang ingin berkunjung di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bontang yang beralamat di jalan M Ardhan, Kelurahan Satimpo, Bontang Selatan.  

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Bontang, Retno Febriarianti mengatakan, sejak diberlakukannya PPKM mulai 18 hingga 31 Januari, pihaknya tidak melakukan layanan aktivitas membaca di perpustakaan dan peminjaman buku.

“Kemarin itu dapat arahan dari Bu Sekda, untuk layanan sementara tidak dilakukan dulu selama PPKM ini,”saat ditemui, Selasa (27/1/2021) pagi.

Saat ini, Kata dia, hanya memberikan  layanan pengembalian buku saja.Bahkan dalam pengembaliannnya, hanya ditaruh diatas meja.

“Nanti ada petugas yang mengurusnya,”terangnya.

Selama 2020 Perpusda mencatat angka pengujung. Rinciannya, Januari 7.955 pengunjung , Februari 11.611, Maret 4.980, April 0,  Mei 0, Juni 149, Juli 401, Agustus 333, September 475, Oktober 396, November 445 dan Desember 285 pengunjung.

“Jumlah kunjungan dihitung berdasarkan aplikasi,”sebutnya.

Dalam pemberlakukan PPKM perpusda menyediakan layanan buku digital atau E-book melalui aplikasi iBontang bisa di unduh melalui Playstore ataupun Icloud.

“Kita sudah siapkan aplikasi bagi pengunjung. Jadi bisa diakses dari rumah,”tutupnya. (Rahma)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button