MEREKAWARTA

Peduli Bencana, Forkom Maritim Balikpapan Salurkan Bantuan Tahap Pertama ke Sulbar

BALIKAPAPAN – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikapapan sebagai koordinator Posko Forkom Maritim Balikpapan Peduli Bencana hari ini, Kamis (21/12021).

Mereka menyalurkan bantuan melalui Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Ende 517. Bantuan tersebut rencananya akan dikirim, Jumat (22/1/2021) besok.

Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M Takwim Masuku menerangkan, pengiriman bantuan kali ini merupakan tahap pertama dengan tujuan Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan dikirim sebanyak lima pick up dari KSOP Balikpapan dan satu truk dari KSOP Samarinda.

“Sembilan bahan pokok makanan, obat-obatan, kebutuhan bayi, kebutuhan wanita dewasa dan lainnya,” ujarnya.

Sementara, bantuan ke Kalimantan Selatan (Kalsel) akan dikirim pada Senin (25/1/2021). Pengiriman juga menggunakan kapal KRI Teluk Hading. Kata dia, posko bantuan dibuka untuk umum hingga, Sabtu 30 Januari 2021.

“Bagi masyarakat yang mau menyumbangkan bantuan pada saudara tertimpa musibah silakan datang ke Kantor KSOP Balikapapan,” ucapnya.

Sementara, Kapten Kapal KRI Teluk Ende 517 Letnan Kolonel Laut Pelaut M Noordin mengatakan, keberangkatan kapal masih menungggu bantuan dari daerah lain.

“Dari Samarinda  akan datang paling lambat nanti malam. Jadi keberangkatan kapal dengan waktu yang tentatif,” terangnya.

Dia menuturkan, waktu tempuh dari Pelabuhan Semayang ke dermaga Lanal Sulbar memakan waktu 20 jam. Sesampainya dilokasi, bahan bantuan akan didistribusikan ke setiap perwakilan instansi untuk salurkan di  lokasi korban bencana.

 “Kami akan jamin bantuan sampai dengan selamat,” tutupnya.

Dalam penyerahan bantuan ini, juga dihadiri beberapa stakeholder lain yang tergabung dalam Forkom Maritim.Seperti Pelindo IV, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan, dan DPC INSA, KP3 Semayang. (Muliawan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button