WARTA

Gempa 7,1 M Melanda Sulut Hingga Filipina Selatan

Gempa berkekuatan 7,1 Magnitudo mengguncang dari laut, 134 kilometer timur laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Kamis malam ini, 21 Januari 2021. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG getaran gempa terkini itu dirasakan sampai Manado dan bahkan Ternate.

Data BMKG menyebut gempa terjadi pukul 19.23 WIB dengan sumber yang terukur berasal dari kedalaman 154 kilometer. Nihil tsunami. Intensitas gempa terukur terkuat di Melonguane, juga Tahuna di Kepulauan Sangihe dan Ondong di Kepulauan Siau, masing-masing, dalam skala IV MMI.

Intensitas gempa pada skala itu diilustrasikan dengan gempa pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sedang di luar rumah dirasakan oleh beberapa orang. Gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Intensitas yang lebih lemah, yakni skala III MMI atau gempa terasa di dalam rumah seakan ada truk melintas, terukur Manado, Bitung, Gorontalo, Halmahera Utara, Halmahera Barat, Galela, dan Waisai. Sedang di daerah lain seperti Bolaang Uki dan Ternate merasakannya lebih lemah lagi, skala II MMI

Dalam keterangannya, Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, baru menyebut gempa itu berpotensi merusak di Talaud. “Mohon bantuan teman-teman jika ada laporan kerusakan gempa Talaud 7,0 M,” katanya lewat akun di media sosial Twitter.

Gempa terkini itu juga diketahui mengguncang kuat sebagian wilayah Mindanao, Filipina Selatan. Di wilayah itu, satu gempa susulan 3,4 M juga telah dirasakan. Versi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, seperti dikutip dari CNN, sumber gempa berada 231 kilometer sebelah tenggara Jose Abad Santos. (Tempo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button