TravelWARTA

Belum Stabil, Awal 2021 Penikmat Jasa Angkutan Antar Kota Minim

BONTANG – Pandemi covid-19 memang menjadi momok bagi semua orang. Mulai melempuhkan ekonomi bahkan mempersempit aktivitas masyarakat dalam berkerja.

Hal ini juga dirasakan para pemberi jasa angkutan antar kota di Bontang. Sejak awal 2021 ini, terminal yang beralamat di Jalan Letjen S Parman, Kelurahan Belimbing, Bontang Barat itu, sepi dari penumpang.

“Hari ini lumayan banyak. Kalau kemarin malah ndak ada sama sekali, dek,”ujar Ketua Serikat Pekerja Transport Kajudin Nur  pada awak media, Ahad (3/1/2021).

Liburan kali ini, Kata dia sepi penumpang. Padahal, berkaca di tahun sebelumnya penikmat jasa ini padat. Bahkan ia menyebut hanya saja unit saja yang beroprasi selama pandemi.

“Banyak armada bus yang tidak beroperasi,”sebutnya.

Kondisi ini dialami sejak Maret 2020, dimana lajut dia,  titik awal masuknya Covid-19 di Bontang. Dari situ, Dinas Perhubungan Bontang langsung membatasi aktivitas keluar masuk kota.

Dirinya merincikan, Januari 2020 mencapai 6882 dan Februari 6331 penumpang. Nah, memasuki Maret tidak ada aktivitas yang tercatat.Selang beberapa bulan, yakni Oktober hingga November hanya mencapai 3868 penumpang.

“Turun hingga lima kali lipat dari perbandingan sebelum dilanda pandemi Covid-19,”imbuhnya.

Terpisah, Komandan Regu Petugas Pemantauan Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang Didiet Hardianto mengatakan sejak awal pandemi Covid-19 memang memberikan dampak bagi pengusaha angkutan antar kota. Menurutnya, mayoritas penumpang yang gunakan jasa ini didominasi warga Bontang saja . Tidak ada penumpang dari luar kota.

“Banyak yang sekolah di Samarinda, kuliah di Samarinda yang memang pulang kampung,”kata Didiet.

Lebih lanjut, Didiet menjelaskan menurunnya tingkat penumpang yang gunakan jasa transportasi ini, di karenakan warga Bontang dominanan menggunakan jasa angkutan travel mobil taksi. Apalagi para penumpangnya dimanjakan dengan menjemput langsung di rumahnya.

 “Kalau juga pakai kendaraan travel gitu, jarang yang naik dari sini. Paling langsung dijemput di rumah,”jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini armada yang terdaftar di terminal bus Bontang diantaranya, Perusahaan Otomotif (PO) Bone Indah Jaya, Gelora Express Group, Arafat Transportasi, Perum Damri, Jahe Raya, Sapulidi Bersaudara, CV Alfian.(Rah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button