WARTA

Memudahkan Deteksi covid-19, Pemkot Datangkan Mobil PCR

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang terus berupaya memerangi penyebaran Covid-19. Tak heran, segala upaya untuk pengendalian penyakit mematikan itu terus digalakkan.

Terbaru, mereka mendatangkan mobil Lab Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Jakarta, Senin (28/12/2020). Tujuannya, untuk mempermudah proses deteksi covid-19.

Project Manager mobile PCR dari holding BUMN Farmasi Fera Amelia mengatakan,mobil itu dilengkapi dua komponen alat penting yakni mesin PCR dan mesin Ekstraksi.

“Yang paling penting dua alat tersebut. Selebihnya itu alat pendukung yang bisa dijumpai di lab pada umumnya,” jelas Fera kepada Inspirasikaltim.com, Selasa (29/12/2020).

Selain dua alat itu, kata dia,  terdapat UV lampu yang berfungsi menekan angka bakteri sehingga tidak menular.

“Adanya UV lampu itu untuk kosong kan kadar bakteri yang berpotensi menular kepetugas,” sambungnya.

Dikatakan dia, proses ekstraksi menghabiskan waktu sekitar 18 sampai 20 menit saja, semuanya diatur dalam sistem lab yang berbentuk mobil.

“Kebanyakan mesin ekstraksi yang manual bisa 6-8 jam. Biasanya 1 kit reagen PCR dan 1 kit reagen ekstraksi untuk 50 test sampel” ujarnya.

Dia pun menambahkan, mesin ekstaraksi memiliki kapasitas 16-32 buah sampel. Berbeda dengan mesin PCR yang mampu menampung 48 buah sampel. Selain itu, mesin ekstraksi berfungsi sebagai ekstraksi RNA dalam sampel sebelum dilakukan pembacaan PCR.

“Jadi prosesnya itu dimulai dari, swab – sampel – preparasi sampel ekstraksi – masuk mesin ekstraksi  (18-20menit)- preparasi sampel PCR atau master mix – pembacaan PCR (1,5 jam) dan terakhir Intrepretasi data,”serunya.(Rah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button