WARTA

Selama 2020, DPKPP Bontang Pangkas 1000 Pohon Di Tepi Jalan

BONTANG – Keindahan jalan menggunakan tanaman memang memberikan susana nyaman bagi pengguna jalan. Tentunya, perlu perawatan yang baik untuk memaksimalkan tumbuhan tersebut.

Tak heran pengecekan tanaman tersebut dilakukan secara berkala oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Bontang. Hasilnya, sepanjang 2020 1000 pohon berhasil dipangkas.

“Kami terus monitoring dan menjadi agenda rutin. Pemangkasan pohon di sepanjang pinggir jalan maupun median jalan yang menggangu jalan,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan Pemakaman Andi Ilham, Senin (28/12/2020).

Standart pemeliharaan pemangkasan pohon dalam satu hari mampu menghabiskan tiga pohon. Tentu hal tersebut yang memenuhi standart kriteria yang berlaku.

“Tidak sembarang tebang. Ada kriterianya,”terangnya.

Dalam spesifikasinya, Ilham (Sapaannya) mengatakan pemangkasan terjadi apabila mengganggu penerangan jalan. Kabel listrik. Dan dikhawatirkan dapat tumbang sewaktu-waktu.

“Ketinggian sekitar 6-7 meter itu harus sudah dirapikan. Diameter pohon sekitar 45 cm itu masih dalam kajian tergantung jenisnya lagi,” Jelas Ilham.

Bahkan kata dia,  ada jenis pohon tanaman teduh yang ketinggiannya sampai 13 meter. Misalnya, jenis angsana, trembesi, tabebuya, kiara payung, beringin, mahoni, dan tanjung.

Namun dalam pengajuan pemangkasan pohon lanjut dia, warga bisa mengajukan surat yang syaratnya harus mengganti tanaman yang berjenis sama.

“Nanti kami akan lakukan survey lokasi kepada pemohon. Kebanyak sih, mereka yang punya toko di pinggir jalan yang mengajukan permohonan,”pungkasnya. (Rah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button